Rabu, 01 Juli 2020

Elastisitas

APLIKASI DI DUNIA NYATA

 

A.      Usaha pada Pegas

Gambar 1. Pegas memberikan nilai usaha yang dapat berubah karena gaya tidak tetap

(Sumber: https://www.tokopedia.com/)


Salah satu contoh gaya tidak konstan adalah gaya pegas. Besar gaya pegas selalu berubah sehingga

usaha yang dilakukan oleh gaya pegas pada suatu benda tidak dapat dihitung menggunakan rumus. Jika pegas diregangkan, semakin panjang pegas, gaya yang diperlukan juga semakin besar. Demikian juga sebaliknya, semakin ditekan, gaya ketika pegas semakin pendek, gaya yang diperlukan semakin besar. Selama pegas ditekan atau diregangkan, gaya pegas berubah dari nilai minimum hingga maksimum, begitupun nilai usaha yang dihasilkannya.

 

A.      Usaha dari Perubahan Energi

Usaha memiliki kaitan yang erat dengan energi. Ketika anda mendorong sebuah peti di atas lantai yang datar dan licin, hanya gaya dorong anda yang melakukan usaha pada peti, dan ternyata kelajuan peti bertambah. Kelajuan peti bertambah berarti energi kinetik pada peti juga bertambah. Tentu saja pertambahan energi kinetik berasal dari usaha yang dilakukan oleh gaya dorong.


Gambar 2. Usaha pada busur panah

(sumber: https://akurat.co/id)

 

Begitupun pada Gambar 2, Anak panah dapat melesat karena adanya perubahan energi, yaitu dari energi potensial pegas menjadi energi kinetik atau dari energi kinetik yang minimum menjadi energi kinetik yang maksimal. Dengan demikian, besarnya usaha sama dengan perubahan energi kinetik benda.


0 komentar:

Posting Komentar